Bagaimana Menanamkan Nilai Nilai Islam Kepada Anak

Bagaimana Menanamkan Nilai Nilai Islam Kepada Anak

Dunia anak-anak adalah dunia yang paling menyenangkan, penuh dengan tawa bahagia, dan awal dari kecerdasan otak yang berkembang. Di sinilah Anda sebagai orang tua mempunyai peran lebih untuk mendidik sang buah hati secara maksimal. Melakukan itu semua dengan loyalitas yang tak bisa terbayarkan oleh apapun. Inilah bukti kasih sayang orang tua kepada anaknya yang tak akan lekang oleh tergerusnya masa. Ketulusan hati yang nantinya akan berbuah senyum bahagia ketika anaknya sukses dengan teguhnya agama dalam genggamannya. Berikut ini adalah beberapa tips cara menanamkan nilai nilai Islam kepada anak.Bagaimana Menanamkan Nilai Nilai Islam Kepada Anak

Tips Jitu Bagaimana Menanamkan Nilai Nilai Islam Kepada Anak

Memberi bekal pengetahuan agama kepada anak merupakan kewajiban orang tua sebagai seorang muslim yang bertakwa kepada Allah SWT. Penerapan langkah-langkahnya dimulai dari sesuatu yang ringan terlebih dahulu. Membuat apapun yang Anda sampaikan menjadi sesuatu yang dengan mudah dicerna oleh anak. Berikut beberapa tips jitu cara menanamkan nilai nilai islam kepada anak antara lain:

1. Mendampingi anak belajar Al-Qur’an
Daya tangkap ketika masih berada di usia dini, anak akan lebih mudah paham dan cekatan terhadap sesuatu yang diajarkan kepadanya tepat sesuai sasaran. Dimulai dari mengajarkan anak membaca Al-Qur’an dengan terus menerus dan dengan motode menyenangkan tentunya. Di awali dengan mendongeng kisah yang berhubungan dengan manfaat mempelajari Al-Qur’an. Disinilah daya imajinasi positif anak akan muncul dengan sendirinya. Dalam keadaan seperti ini sisipkanlah cara membaca dan menulis huruf hijaiyah serta belajar do’a sehari-hari. Lakukanlah secara terus menerus hingga anak menjadi hafal.

2. Mengajarkan anak sholat lima waktu
Setelah membaca Al-Qur’an dan belajar do’a sehari-hari, langkah yang Anda lakukan yaitu mengajarkannya tentang tata cara sholat. Biasanya anak akan meniru apapun yang orang tuanya lakukan. Maka dari itu, peran sholat di sini sangat penting untuk mendidik anak Anda. Dimulai dari gerakan tiap rokaatnya terlebih dahulu, kemudian bacaan tiap rokaatsholat dan siap untuk melaksanakan sholat dengan khusyu’. Anda sebagai orang tua harus tetap siaga mendidik ketika anak Anda berlatih sholat maupun menghafalkan bacaan sholat.

3. Mendidik anak dengan media komunikasi kreatifBagaimana Menanamkan Nilai Nilai Islam Kepada Anak
Anak-anak akan dengan mudah patuh terhadap orang yang lebih tua ketika berada di sampingnya. Cara paling efektif ketika Anda sebagai orang tua mendidik anak Anda yaitu dengan berbicara yang interaktif. Ada di mana anak mengulangi perkataan Anda, atau bahkan menjawab pertanyaan yang Anda ajukan untuknya. Media kreatif seperti dengan menyanyi dan menirukan gaya untuk menghafal kosa kata tertentu bisa menjadi daya tarik anak semakin tinggi untuk belajar lebih giat lagi. Sisipkanlah nada yang membuat anak senang untuk mendendangkannya. Pada saat inilah otak anak Anda akan bekerja ekstra terhadap sesuatu apapun yang ada di depannya. Membuat anak menjadi penasaran dan dengan mudah mencobanya atau menirukannya.

Itulah beberapa tips yang membuat anak Anda bisa menjadi orang tua panutan bagi anak anak dengan mengajarkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan sehari-harinya. Mempraktikkan satu demi satu agar anak tidak menjadi bingung, mengolah media semenarik mungkin agar anak menjadi tertarik dan mau mencobanya, dan tentunya Anda harus tetap bersabar ketika mengajari buah hati Anda.

Demikianlah sedikit informasi mengenai tips bagaimana menanamkan nilai nilai Islam kepada anak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semangat bagi ibu pintar dan ayah tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *