Bagaimana Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan

Bagaimana Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang sehat. Bayi akan melalui perkembangan yang sangat pesat pada tahun pertamanya. Karena dalam beberapa bulan, mereka akan belajar untuk berbaring di tempat tidur, duduk, merangkak, lalu berdiri hingga akhirnya bisa berjalan. Normalnya, bayi akan bisa mulai melangkahkan kakinya pada usia 9 sampai dengan 12 bulan. Selanjutnya mereka akan mulai lancar berjalan saat usianya 14 hingga 15 bulan. Meskipun demikian, kemampuan bayi untuk bisa berjalan sebenarnya berbeda-beda. Pasalnya tak sedikit bayi yang masih takut untuk mulai berjalan sendiri. Apabila Anda memiliki bayi yang pada usia tersebut belum juga berani untuk melangkahkan kakinya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai orang tua.

Bagaimana Tips Agar Anak Cepat Bisa BerjalanBeberapa Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Melatih Bayi agar Bisa Berjalan

1.    Melatihnya diusia 6-9 bulan
Melatih bayi agar mau berjalan sebenarnya bisa dilakukan mulai 5 bulan pertama. Tapi perlu diingat bahwa pada usia tersebut kaki bayi belum cukup kuat untuk bisa menopang tubuh dengan sempurna. Sehingga jangan memaksa bayi untuk berdiri menggunakan kakinya sendiri. Untuk melatih refleks kaki si bayi, Anda bisa memegang tubuhnya dengan cara memposisikan kaki bayi di bawah dekat dengan lantai. Dengan begitu, bayi akan berusaha untuk menggerakkan kakinya seperti hendak berjalan. Gerakan refleks tersebut tentunya akan melatih si kecil untuk mau belajar berjalan saat usianya sudah cukup nantinya. Pada usia 6 bulan, kebiasaan mereka akan semakin tertarik untuk berjalan. Hal ini terlihat dari kebiasaan bayi yang suka menekan kakinya ke lantai saat Anda tempelkan kakinya di lantai sambil ditopang. Semakin kuat kaki bayi, mereka akan semakin lincah untuk berguling, merangkak dan juga duduk.

2.    Melatih di usia 9-10 bulan
Setelah otot kaki bayi sudah siap untuk berjalan, barulah Anda bisa melatih mereka untuk berjalan dengan kakinya sendiri. Caranya adalah melatih mereka berdiri tegak. Bantu bayi untuk terbiasa berdiri menggunakan kakinya selama setengah menit tanpa dipegang. Apabila si kecil jatuh, beri motivasi agar dia berkeinginan untuk bangkit kembali dan berlatih untuk berdiri.

3.    Pegang tangan si bayi
Selain menegakkan tubuhnya untuk berdiri, Anda juga bisa memegang tangan si kecil sambil membantu mereka melangkahkan kakinya. Latih sambil tangan kanan dipegang ibu dan tangan satunya dipegang oleh ayahnya. Dengan begitu, ia akan semakin termotivasi untuk berjalan bersama kedua orang tuanya.

4.    Pakai box
Agar si kecil lebih semangat berlatih berdiri, Anda bisa menempatkan bayi ke dala box besar dan bantu mereka untuk berdiri dan mulai menyusuri dinding box menggunakan kakinya sendiri. Anda harus selalu bersama si kecil untuk memastikan bahwa bayi berjalan dalam box dalam kondisi aman.

Bagaimana Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan5.    Rangsang dengan permainan
Cara untuk melatih bayi agar bisa berjalan selanjutnya adalah dengan merangsang mereka menggunakan mainan kesukaannya. Taruhlah mainan kesukaan si bayi pada posisi tertentu yang hanya bisa diambil jika ia berjalan. Dengan cara tersebut, tentunya bayi akan terangsang untuk mengambil mainan yang disukai. Tak hanya itu, cobalah untuk memberikannya mainan yang melatih mereka untuk mendorong. Karena dengan mainan tersebut, mereka akan lebih terlatih untuk berjalan agar bisa mendorong mainan yang diberikan.

Apabila sampai usia 2 tahun si kecil belum bisa berjalan, segera bawa bayi ke dokter anak atau tenaga kesehatan untuk mengetahui masalahnya. Demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *